Widget HTML #1

Tanya? Apa Penyebab Indomaret Card Tidak Terbaca di Gardu Tol


Salah satu produk uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank Mandiri bekerjasama dengan toko waralaba Indomaret adalah Indomaret Card. Kartu ini digunakan sebagai alat pembayaran non-tunai di berbagai merchant yang mempunyai Mandiri Prabayar. Fungsinya sama dengan kartu e-Money lain yang dikeluarkan oleh bank Mandiri.

Kelebihannya, Anda akan mendapat beberapa manfaat seperti discount dan reward jika berbelanja di Indomaret Card. Reward-reward ini biasanya berupa poin yang Anda dapat saat berbelanja di Indomaret. Poin-poin ini bisa ditukar untuk mendapat diskon atau bahkan promo gratis untuk beberapa produk. Anda juga bisa menang beberapa undia berhadiah yang diadakan oleh Indomaret.

Fungsi Indomaret Card
Fungsi Indomaret Card ini sama dengan kartu e-money lain. Kartu ini bisa digunakan untuk membayar beberapa layanan jasa. Layanan-layanan yang bisa Anda bayar dengan Indomaret Card adalah Pembayaran tol, Bus Transjakarta, Bus Transyogya, Bus Transsolo.

Anda juga bisa membeli tiket kereta api, bahan bakar di SPBU dengan logo Mandiri Prabayar, membayar tagihan listrik dan telepon, membayar parkir elektronik yang mempunyai tanda tertentu, dan membayar taksi.

Cara Pendaftaran Indomaret Card Baru

Setelah Anda mengetahui fungsi dan keuntungan yang didapat setelah mempunyai kartu Indomaret Card, Anda mungkin akan tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai pemegang kartu tersebut. Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan diri, ikuti langkah-langkah berikut :
  • Silahkan datang ke toko Indomaret terdekat yang mempunyai tanda khusus
  • Isi formulir yang disediakan oleh toko 
  • Beli kartu Indomaret Card Perdana seharga Rp 25.000
  • Isi ulang saldo Indomaret Card pertama seharga Rp 50.000

Indomaret Card Bermasalah

Sayangnya, pengguna kartu Indomaret Card mempunyai beberapa kesulitan dalam melakukan transaksi, khususnya transaksi pembayaran tol. Masalahnya pun beragam, tapi kebanyakan masalah yang dialami pengguna tol adalah tidak terbacanya kartu saat ditempelkan pada gardu.

Tidak terbacanya kartu membuat pengguna tol harus membayar biaya tol secara manual. Padahal jika dilihat dari kondisinya, kartu seharusnya masih bisa dipakai. Kartu Indomaret Card yang tidak bisa digunakan biasanya disebabkan oleh rusaknya pita magnetik yang biasa ditemukan di kartu-kartu e-money semacam ini.

Rusaknya pita magnetik membuat data yang tersimpan di dalam kartu tersebut tidak bisa digunakan hilang. Saldo habis juga biasanya menjadi penyebab Indomaret Card tidak bisa digunakan saat membayar tol.

Cara Pengisian Saldo Indomaret Card

Untungnya, banyak sekali outlet yang memberi jasa pengisian saldo Indomaret Card. Anda bisa mengisi saldo di toko Indomaret yang mempunyai tanda khusus. Anda juga bisa datang ke mesin EDC bank Mandiri di toko Indomaret, ATM Mandiri. Mandiri Internet Banking dan SMS Banking juga bisa digunakan untuk mengisi saldo kartu Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mempunyai kesulitan dalam menggunakan kartu Indomaret ya.