Syarat Buka Rekening TabunganKu Bank BNI, Setoran Awal Rp 20 Ribu

Sebagai salah satu bank terkemuka, nasabah BNI tentu sudah menyebar ke hampir seluruh pelosok negeri. Berbagai macam produk tabungan telah dikeluarkan oleh bank ini, seperti BNI Taplus Muda, BNI Taplus, BNI Tappa, dan TabunganKu. Ini memudahkan Anda yang ingin memiliki rekening karena terdapat banyak pilihan tabungan. Lebih dari itu syaratnya juga mudah, dimana syarat buka rekening TabunganKu Bank BNI hanya membutuhkan setoran awal sebesar Rp 20 ribu saja.

Rekening BNI TabunganKu sendiri merupakan realisasi dari program pemerintah untuk menumbuhkan kesadaran menabung pada masyarakat. Peluncurannya dimulai sejak tahun 2010. Karena memang dibuat dalam rangka menyadarkan masyarakat akan pentingnya menabung, maka setoran awal TabunganKu sangat terjangkau, yakni Rp 20 ribu.

Syarat untuk dapat membuka rekening TabunganKu BNI adalah WNI yang sudah memiliki KTP dan membawa setoran awal sebesar Rp 20 ribu. Jika Anda sudah memenuhi syarat, maka Anda cukup datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa e-KTP asli dan uang Rp 20 ribu. Tidak ada syarat lain, misalnya NPWP yang biasanya diminta saat membuka rekening baru.

Proses pembuatannya pun sama dengan proses pembuatan rekening pada umumnya. CS BNI kantor setempat akan meminta Anda untuk menunjukkan 2 syarat tadi. Setelah itu, Anda tinggal mengisi formulir pembukaan rekening, membayar setoran awal di teller, dan menerima buku tabungan. Proses pembukaan rekening TabunganKu pun selesai. Mudah sekali bukan? Jika Anda mengalami kesulitan, jangan sungkan bertanya kepada petugas CS ya.

Dibandingkan jenis tabungan lain, BNI TabunganKu memiliki kelebihan, antara lain:

  1. Setoran awal yang sangat ringan, hanya sebesar Rp 20 ribu.
  2. Gratis administrasi bulanan
  3. Jika buku tabungan hilang, maka biaya penggantian buku baru pun gratis
  4. Gratis biaya penarikan uang melalui teller, dengan jumlah penarikan maksimal 2 kali dalam sebulan
  5. Jika lebih dari 2 kali, akan dikenakan biaya transaksi yang sangat ringan, yakni Rp1.000
  6. Minimum jumlah penarikan uang adalah Rp200.000 (kecuali saat tutup buku)
  7. Jika Anda ingin tutup buku, dikenakan biaya yang juga ringan, yakni Rp20.000

Seperti sebuah uang logam yang memiliki dua sisi, maka selain kelebihan, rekening TabunganKu BNI juga memiliki kekurangan, apa saja ya?

  1. Anda tidak mendapat kartu ATM. Peraturan ini berlaku sejak Oktober 2015. Jadi jika Anda ingin menarik uang, Anda harus melakukan penarikan melalui teller bank.
  2. Anda juga tidak dapat menikmati fitur e-banking, seperti internet banking, sms banking, phone banking, dan M-banking.

Selain beberapa hal di atas, ada hal lain juga yang perlu Anda ketahui mengenai rekening TabunganKu ini.

  1. Rekening TabunganKu BNI diperuntukkan bagi perseorangan, artinya rekening TabunganKu tidak dapat Anda jadikan sebagai tabungan bersama. Namun pengecualian berlaku bagi orang tua yang membukakan rekening bagi anaknya yang di bawah umur.
  2. Jika tidak terdapat transaksi sama sekali selama 6 bulan berturut-turut (dormant), maka akan dikenai biaya sebesar Rp 20.000. Namun apabila di rekening dormant tersebut hanya terdapat saldo sebesar Rp 20.000, secara otomatis pihak bank akan menutup rekening yang biaya penutupannya sesuai dengan sisa saldo.

Demikian ulasan mengenai rekening TabunganKu BNI. Ingat ya, hemat itu pangkal kaya, jadi mari rajin menabung!

Advertisement

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!