Widget HTML #1

Kartu ATM BCA Kadaluarsa? Ini Cara Mengatasinya


Kartu ATM BCA adalah salah satu alat transaksi yang sering digunakan oleh nasabah Bank Central Asia (BCA) untuk melakukan berbagai kegiatan perbankan, seperti tarik tunai, setor tunai, transfer, bayar tagihan, dan lain-lain. Kartu ATM BCA memiliki keunggulan berupa teknologi chip yang membuatnya lebih aman dan nyaman. Namun, kartu ATM BCA juga memiliki keterbatasan, yaitu masa berlaku yang tertera di bagian depan kartu. Biasanya, masa berlaku kartu ATM BCA diawali dengan tulisan valid thru, diikuti oleh angka yang menunjukkan bulan dan tahun (mm/yy).

Apa yang terjadi jika kartu ATM BCA kadaluarsa? Apakah masih bisa digunakan untuk transaksi? Bagaimana cara mengganti kartu ATM BCA yang kadaluarsa? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memberikan tips-tips yang berguna bagi Anda yang mengalami masalah kartu ATM BCA kadaluarsa.

Apa yang Terjadi Jika Kartu ATM BCA Kadaluarsa?


Jika kartu ATM BCA Anda kadaluarsa, maka Anda tidak akan bisa melakukan transaksi apapun dengan kartu tersebut. Tarik tunai dan transfer melalui ATM BCA atau transaksi via EDC BCA menggunakan kartu ATM BCA akan ditolak atau diblokir. Hal ini karena kartu ATM BCA yang kadaluarsa dianggap sebagai kartu rusak yang tidak valid. Selain itu, Anda juga tidak akan bisa melakukan transaksi online dengan kartu ATM BCA yang kadaluarsa, seperti belanja online, bayar tagihan, atau top up saldo e-wallet.

Bagaimana Cara Mengganti Kartu ATM BCA yang Kadaluarsa?


Jika kartu ATM BCA Anda kadaluarsa, maka Anda harus segera menggantinya dengan kartu ATM BCA yang baru. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengganti kartu ATM BCA yang kadaluarsa, yaitu:
  • Menghubungi customer service BCA di nomor 1500888 atau 021-1500888. Anda akan diminta untuk menyebutkan nomor rekening, nama, dan tanggal lahir Anda. Selanjutnya, Anda akan diberikan nomor referensi dan diarahkan untuk datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM BCA yang kadaluarsa. Di kantor cabang BCA, Anda akan diminta untuk mengisi formulir penggantian kartu ATM BCA dan menyerahkan dokumen yang dibutuhkan. Anda akan mendapatkan kartu ATM BCA yang baru secara langsung di tempat.
  • Menggunakan fitur CS Digital di BCA mobile. Anda bisa mengakses fitur ini dengan membuka menu “Lainnya”, lalu pilih “CS Digital”. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN BCA mobile Anda, lalu pilih “Penggantian Kartu Debit”. Anda akan diminta untuk memilih rekening yang ingin diganti kartu ATM BCA-nya, lalu pilih “Ya” untuk melanjutkan. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat pengiriman kartu ATM BCA yang baru, lalu pilih “Kirim”. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa permintaan penggantian kartu ATM BCA Anda telah berhasil. Anda akan mendapatkan kartu ATM BCA yang baru melalui kurir dalam waktu 3-5 hari kerja.
  • Menggunakan fitur BCA Chat di BCA mobile. Anda bisa mengakses fitur ini dengan membuka menu “Lainnya”, lalu pilih “BCA Chat”. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN BCA mobile Anda, lalu pilih “Penggantian Kartu Debit”. Anda akan diminta untuk memilih rekening yang ingin diganti kartu ATM BCA-nya, lalu pilih “Ya” untuk melanjutkan. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat pengiriman kartu ATM BCA yang baru, lalu pilih “Kirim”. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa permintaan penggantian kartu ATM BCA Anda telah berhasil. Anda akan mendapatkan kartu ATM BCA yang baru melalui kurir dalam waktu 3-5 hari kerja.

Penggantian kartu ATM BCA yang kadaluarsa tidak dikenakan biaya alias gratis, asalkan dilakukan paling lambat 3 bulan sebelum atau sesudah kartu ATM BCA kadaluarsa. Jika Anda mengganti kartu ATM BCA di luar periode tersebut, maka Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 25.000.

Bagaimana Cara Bertransaksi Jika Kartu ATM BCA Kadaluarsa?


Jika kartu ATM BCA Anda kadaluarsa, Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa bertransaksi dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di BCA mobile. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi tanpa kartu ATM BCA:
  • Cardless. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan tarik tunai dan setor tunai di ATM BCA tanpa menggunakan kartu ATM BCA. Anda hanya perlu membuka menu “Cardless” di BCA mobile, lalu pilih “Tarik” atau “Setor” dan pilih rekening yang dituju. Anda akan mendapatkan kode QR yang bisa Anda scan di ATM BCA untuk melakukan transaksi.
  • Sakuku. Fitur ini adalah e-wallet yang bisa Anda gunakan untuk berbagai transaksi online dan offline, seperti belanja online, bayar tagihan, top up saldo, transfer, dan lain-lain. Anda hanya perlu membuka menu “Sakuku” di BCA mobile, lalu pilih transaksi yang ingin Anda lakukan. Anda bisa mengisi saldo Sakuku Anda dengan menggunakan rekening BCA Anda atau dengan setor tunai di ATM BCA.
  • QRku. Fitur ini adalah layanan pembayaran dengan menggunakan kode QR yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi di berbagai merchant yang bekerja sama dengan BCA, seperti Alfamart, Indomaret, Starbucks, McDonald’s, dan lain-lain. Anda hanya perlu membuka menu “QRku” di BCA mobile, lalu pilih “Bayar” dan scan kode QR yang ada di merchant. Anda bisa memilih sumber dana dari rekening BCA Anda atau dari saldo Sakuku Anda.

Demikian artikel yang saya buatkan untuk Anda tentang kartu ATM BCA kadaluarsa. Semoga bermanfaat dan informatif. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.