Widget HTML #1

Saldo Minimal Rekening Tabungan Bank Mandiri


Bank Mandiri menetapkan saldo minimal rekening bagi semua nasabah. Saldo minimal ini merupakan saldo yang harus ada di dalam rekening bank. Dengan arti lain, saldo minimal ini tak bisa diambil atau ditarik sehingga akan tetap berada di dalam tabungan Anda.

Tidak hanya bank Mandiri, bank-bank yang lain juga menerapkan sistem saldo minimal seperti ini. Fungsinya adalah agar tabungan Anda tetap bisa bertahan untuk membayar biaya pengelolaan atau biaya potongan per bulan. Dengan begitu, meskipun Anda tidak mengisi tabungan, biaya potongan masih bisa terbayar.

Jenis Tabungan Mempengaruhi Jumlah Saldo Minimal
Saldo minimal bisa berbeda-beda tergantung pada jenis tabungan yang digunakan nasabah. Seperti kita tahu bahwa produk tabungan memang berbeda seperti tabungan biasa, tabungan bisnis, tabungan anak, dan lain sebagainya. Jumlah saldo minimal rekening pun berbeda berdasarkan jenis tabungannya.

Sebelum membuka tabungan biasanya Anda akan dijelaskan mengenai jumlah saldo minimal yang ditetapkan oleh bank. Dengan begitu Anda harus bisa memahami bahwa ada jumlah saldo yang tidak akan bisa ditarik dan terus menetap di tabungan.

Besarnya Saldo Minimal di Rekening Mandiri
Besarnya saldo minimal di rekening Mandiri berbeda-beda menurut jenis tabungan. Untuk Mandiri Tabungan, jumlah saldo minimal adalah Rp 100.000. Tabungan ini adalah produk tabungan yang paling banyak dipilih oleh nasabah. Nilai saldo minimal ini juga sama untuk jenis Mandiri tabungan haji.

Sementara itu, untuk Mandiri tabungan bisnis, jumlah uang yang ditahan Rp 10.000 dan jumlah saldo minimal di akhir bulan adalah Rp 10.000.000,-. Untuk Mandiri tabungan TKI, besar saldo minimal yang harus ada di rekening adalah Rp 10.000.

Ada satu jenis produk tabungan yang juga dimiliki oleh bank lain yaitu TabunganKu. Untuk TabunganKu, jumlah saldo minimal yang harus ada di rekening adalah Rp 20.000.

Perhitungkan Jumlah Saldo Minimal di Rekening
Karena ada jumlah saldo minimal yang tidak bisa Anda ambil, maka Anda perlu memperhitungkannya. Maksudnya adalah, jangan sampai Anda merasa kesulitan karena jumlah uang yang tidak bisa diambil ini. Jadi, sebelum melakukan transfer atau memasukkan uang, perhitungkan besarnya saldo minimal ini.

Besarnya saldo minimal ini mungkin terasa ringan untuk sebagian orang namun juga terasa berat untuk sebagian orang lainnya. Namun, pihak bank sudah menyediakan ragam jenis tabungan dengan jumlah saldo minimal yang berbeda-beda. Jadi, pilihlah jenis tabungan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Saldo minimal ini digunakan sebagai dana back up untuk Anda karena akan selalu ada dana potongan setiap bulan. Lalu bagaimana jika saldo minimal habis? Anda harus konfirmasi dengan pihak bank apakah rekening tabungan Anda masih bisa digunakan setelah saldo minimal rekening tidak ada.