Widget HTML #1

Cara Membuka Rekening Tabungan Atas Nama Perusahaan

Cara Membuka Rekening Tabungan Perusahaan di Bank BCA, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, Bank BTN, Bank Mega dan lain – lain

Rekening tabungan perusahaan menjadi salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan demi kebaikan perusahaan. Adanya rekening tabungan akan memberi kemudahan dalam urusan pengaturan uang perusahaan. Keberadaan rekening tabungan juga akan melancarkan berbagai urusan transaksi perusahaan.

Pembukaan rekening tabungan untuk perusahaan tentu saja berbeda dengan rekening pribadi. Ada beberapa dokumen yang perlu disertakan jika anda ingin membuka rekening atas nama perusahaan. Bisa dikatakan pembukaan rekening perusahaan prosesnya lebih rumit daripada pembukaan rekening pribadi.

Fasilitas Rekening Tabungan untuk Perusahaan


Dari segi fasilitas, fasilitas yang diberikan untuk rekening tabungan perusahaan pun juga berbeda dengan rekening tabungan pribadi. Transaksi mata uang yang disediakan bisa berupa Rupiah maupun Dolar. Fasilitas transaksi dengan mata uang dolar tentu akan sangat membantu pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya ke mancanegara.

Rekening tabungan untuk perusahaan juga menyediakan beberapa jenis fasilitas standar yang tak jauh berbeda dari rekening pribadi.Contohnya berupa ATM, e-Banking, SMS banking, dan lain sebagainya. Fasilitas ini berlaku untuk berbagai jenis bank karena pada dasarnya semua jenis bank menyediakan fasilitas yang sama untuk produk tabungan perusahaan.

Syarat Pembukaan Rekening Tabungan Perusahaan


Untuk membuat rekening tabungan perusahaan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan yang akan dibahas di sini merupakan syarat pembukaan rekening tabungan khusus di bank Mandiri. Namun, sebenarnya pada dasarnya syarat ini juga berlaku sama untuk berbagai bank seperti BNI, BRI, BCA, dan lain sebagainya.

Inilah beberapa persyaratan yang diperlukan dalam proses pembukan rekening tabungan atas nama perusahaan :
  1. Fotokopi KTP pembuat atau pengurus rekening tabungan. 
  2. Fotokopi surat ijin usaha dan untuk usaha perorangan harus menyerahkan bukti identitas diri pemilik usaha. 
  3. Fotokopi NPWP, akta pendirian, anggaran dasar, serta perubahan terakhir perusahaan. 
  4. Surat kuasa penunjukkan pengelolaan rekening tabungan untuk jenis usaha non perorangan. Surat kuasa diperlukan agar proses pembuatan rekening lebih aman dan terpercaya karena identitas perusahaan dan pengelola tabungan jelas. 
  5. Jumlah setoran awal yang harus dibayarkan minimal sebesar Rp 1.000.000. Jumlah saldo minimal tiap akhir bulan adalah Rp 10.000.000. 

Untuk membuka rekening tabungan atas nama perusahaan, harus ada satu orang yang diberikan kuasa untuk melakukan pengurusan dan pengelolaan tabungan. Dibutuhkan identitas orang yang bersangkutan dan harus dilengkapi dengan surat kuasa.

Karena ada banyak persyaratan yang berhubungan dengan kepentingan hukum untuk membuka rekening atas nama perusahaan, maka usahakan untuk mengurus sedini mungkin. Selain membawa dokumen dalam bentuk fotokopi, anda juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen asli karena mungkin akan diminta oleh pihak bank.

Ketentuan pembukaan rekening bank atas nama perusahaan bisa saja berubah-ubah. Akan jauh lebih baik jika anda langsung meminta informasi kepada pihak bank. Pihak bank akan memberikan bimbingan dan mendampingi proses pembuatan rekening tabungan perusahaan hingga selesai dan bisa digunakan.