Widget HTML #1

Panduan: Cara Naik Pesawat untuk yang Baru Pertama Kali


Mungkin pesawat terbang menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak diminati saat ini. Alasan kecepatan waktu dan keselamatan penumpang menjadi prioritas pertama dibandingkan transportasi darat atau laut. Namun, bagi orang yang belum pernah bepergian menggunakan pesawat terbang bakal sedikit gugup. Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang belum memahami cara naik pesawat perdana.

Sebelum Anda mengetahui langkah tersebut, ada baiknya mengetahui informasi penting seputar keberangkatan. Hal yang perlu Anda persiapkan adalah tiket pesawat terbang, ketahui jumlah maksimal bagasi agar tidak dikenakan biaya tambahan dan ketahui terminal keberangkatan.

Pada beberapa bandara kecil, terminal keberangkatan yang terbatas memang cukup memudahkan pemula yang belum pernah naik pesawat terbang. Namun, bandara besar memiliki banyak gate sehingga Anda harus memperhatikan hal ini.

Jika persiapan Anda sudah matang, berikut cara naik pesawat perdana bagi pemula yang belum pernah melakukan penerbangan baik domestik atau luar negeri.

1. Tiba di bandara lebih awal dari jam keberangkatan
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah stand by di bandara lebih awal minimal satu sampai dua jam sebelum keberangkatan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti perubahan jadwal penerbangan dan lain-lain.

2. Mempersiapkan e-ticket dan kartu identitas yang diperlukan pada waktu check in
Pastikan Anda membawa semua dokumen yang diperlukan mulai KTP, SIM dan paspor. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan e-ticket yang sudah dikirim lewat email ponsel Anda.

Dewasa ini, pesan tiket pesawat terbang dilakukan via ponsel sehingga Anda tidak perlu lagi membeli di loket penjualan tiket pesawat terbang yang ada di bandara. Pastikan bahwa dokumen dan e-ticket tersimpan rapi dalam tas yang Anda bawa sehingga tidak perlu ribet saat menghadapi check in nanti.

3. Jangan mencoba membawa barang terlarang
Kemudahan akses informasi tentu membuat Anda lebih gampang mendapatkan daftar barang terlarang yang tidak boleh dibawa saat hendak melakukan penerbangan. Barang yang tidak boleh dibawa antara lain benda tajam, bahan peledak, benda yang mengandung korosif dan masih banyak jenis yang lain.

4. Mendaftarkan koper atau bagasi
Hal ini untuk mempermudah pergerakan Anda sehingga wajib mendaftarkan bagasi sesuai jatah yang diberikan. Anda hanya perlu membawa tas kecil yang berisi barang berharga naik pesawat terbang.

5. Tunggu di terminal penerbangan
Anda harus paham mana terminal penerbangan domestik dan penerbangan internasional agar tidak salah menunggu. Sebenarnya hal ini sangat mudah diantisipasi sebab Anda telah dibekali selembar boarding pass yang berisi nomor penerbangan, nomor kursi pesawat dan nomor gate.

6. Patuhi semua peraturan dan nikmati penerbangan perdana
Anda yang telah berada dalam pesawat wajib mentaati semua peraturan termasuk mematikan ponsel dan memakai sabuk pengaman. Nikmati penerbangan perdana dengan aman dan nyaman.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi mengenai cara naik pesawat perdana. Siapa tahu Anda bakal lebih suka melakukan perjalanan mennggunakan jalur udara yang lebih cepat dan efisien.