Widget HTML #1

Nasabah BRI, Ini Solusi Buku Tabungan dan ATM BRI Hilang


Buku tabungan dan ATM hilang adalah dua masalah yang sering dialami oleh nasabah BRI. Karena tidak teliti atau karena mudah lupa, dua dokumen ini bisa tak diketahui keberadaannya. Padahal buku tabungan dan ATM adalah dua benda penting yang sangat dibutuhkan oleh para nasabah.

Buku tabungan bisa dibilang catatan dan simpanan data yang penting bagi nasabah. Lewat buku tabungan pihak bank dan nasabah bisa memeriksa aktivitas transaksi yang dilakukan. Buku tabungan juga menjadi salah satu dokumen penting yang dibutuhkan dalam berbagai kondisi yang berhubungan dengan aktivitas transaksi.

Sementara ATM juga tak kalah pentingnya bahkan untuk sebagian orang ATM jauh lebih penting dari buku tabungan itu sendiri. ATM memungkinkan kita untuk melakukan berbagai jenis transaksi dengan mudah dan cepat. Aktivitas menggunakan ATM yang paling sering dilakukan adalah aktivitas penarikan tunai serta transfer.

Cara Mengurus Buku ATM dan Tabungan yang Hilang


Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda menyadari bahwa buku tabungan dan ATM hilang adalah jangan panik. Segera hubungi pihak bank terlebih dahulu untuk memblokir ATM Anda yang hilang. Hal ini penting dilakukan agar ATM Anda tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Berikutnya, Anda bisa langsung menuju ke kantor polisi terdekat. Sebelum mengurus ke bank, Anda harus mendapatkan surat keterangan kehilangan buku tabungan dan ATM. Yang harus Anda lakukan adalah membuat laporan kehilangan kemudian pihak polisi akan menyerahkan surat keterangan.

Surat keterangan ini nantinya akan digunakan sebagai syarat untuk mengurus tabungan serta ATM Anda yang hilang. Untuk melakukan pengurusan ini, Anda perlu menyerahkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan identitas Anda kepada pihak bank.

Jika Anda hanya kehilangan buku tabungan atau ATM (tidak keduanya secara bersamaan) maka prosesnya akan jauh lebih mudah. Jika kehilangan buku tabungan Anda bisa menyerahkan ATM dan begitu pula sebaliknya. Namun jika dua-duanya hilang bersamaan, prosesnya akan lebih lama.

Biaya untuk Mengurus Buku Tabungan dan ATM Hilang


Untuk mendapatkan buku tabungan dan ATM baru Anda harus membayar biaya administrasi. Setiap bank menetapkan besar biaya administrasi yang berbeda. Untuk bank BRI sendiri, biaya yang dibebankan kepada nasabah adalah sebesar Rp 25.000.

Ketika mengurus buku tabungan dan ATM yang hilang, Anda harus menunggu prosesnya selesai hingga bisa mendapat buku tabungan dan ATM yang baru. Lamanya proses bisa sangat bervariasi tergantung pihak bank.

Buku tabungan dan ATM yang hilang memang bisa diproses kembali hingga Anda mendapatkan penggantinya yang baru. Namun, alangkah jauh lebih baik jika Anda mengantisipasi kejadian ini. Berhati-hatilah menyimpan dua dokumen penting ini. Jangan sampai buku tabungan dan ATM hilang karenaakan sangat merepotkan.