Widget HTML #1

Tanya: Apa Perbedaan E-Toll dan E-Money Mandiri?


Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan sarana transaksi online seperti uang elektronik. Kemudahan dalam berbelanja menggunakan media uang elektronik ini membuat kebanyakan orang tertarik untuk menggunakannya. Salah satu sistem yang banyak diminati adalah E-Money yang ditawarkan oleh bank Mandiri.

E-Money Mandiri dapat digunakan untuk membantu Anda dalam melakukan pembayaran di beberapa jalan tol, toko swalayan, tempat pengisian bensin, dan tempat parkir yang mempunyai tanda E-Money. Dalam pembuatan E-Money, bank Mandiri juga menggandeng beberapa instansi seperti Pertamina, Indomaret, perusahaan tol, dan perusahaan lain. Sehingga, bank Mandiri juga mengeluarkan beberapa kartu lain seperti Gaz Card, Indomaret Card, dan E-Toll Mandiri. Kali ini, kita akan membahas perbedaan kartu E-Toll dan E-Money.

Apa itu E-Money?
E-Money dibuat oleh bank Mandiri sebagai alat pembayaran yang mempunyai nilai uang yang tersimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip. Alat ini biasanya digunakan sebagai alat pembayaran untuk melakukan berbagai macam transaksi seperti membayar tiket transportasi umum, dan berbelanja baik di toko swalayan maupun toko online. Jika Anda menggunakan kartu ini untuk melakukan transaksi, maka uang yang tersimpan di rekening bank Mandiri akan berkurang nilainya.

Apa itu E-Toll?
E-Toll merupakan salah satu produk dari kerjasama antara bank Mandiri dan perusahaan operator tol, seperti Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti, dan JLJ. E- Toll adalah alat pembayaran yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran tol.

E-Toll ini bisa menjadi pengganti uang kontan yang biasanya digunakan untuk membayar biaya tol. Kartu ini mempunyai saldo maksimal satu juta rupiah dan saldo minimal sepuluh ribu rupiah. Kartu E-Toll ini tidak mempunyai masa kadaluarsa, tetapi jika Anda gagal mengisi kartu ini dalam rentang waktu satu tahun, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar sepuluh ribu rupiah.

Apa perbedaan E-Money dengan E-Toll?
Lalu, apa bedanya E-Money dengan E-Toll selain perbedaan nama? E-Toll fungsinya lebih untuk membayar biaya tol dibanding melakukan transaksi lain. Tetapi, kartu E-Toll juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi di outlet–outlet yang bekerjasama dengan mandiri. Sedangkan, kartu E-Money lebih serba guna dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi apa saja.

Selain itu, pembuatan E-Toll yang bekerjasama dengan berbagai perusahaan operator tol membuat kartu ini bisa digunakan di tol manapun. Sebenarnya, E-Toll adalah salah satu bagian dari program E-Money. Sehingga kebanyakan fungsinya kurang lebih sama. Cara mengisinya pun sama antara E-Toll dan E-Money.

Anda tinggal datang ke Indomaret yang mempunyai logo produk ini, EDC mandiri prabayar, dan E – Banking (sms banking, mandiri internet, dan ATM mandiri).

Demikian penjelasan perbedaan E-Money dengan E-Toll. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.