Widget HTML #1

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Lupa PIN ATM Mandiri



Pernah mengalami lupa PIN ATM? Kejadian ini sering terjadi pada nasabah bank yang menggunakan fasilitas kartu ATM. Kombinasi angka yang digunakan untuk PIN seringkali terlupa atau salah urutan. Hal ini tentu membuat Anda merasa kesal sekaligus gemas.

Ketika lupa dengan kode PIN ATM sendiri maka Anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan transaksi dengan ATM Anda. Anda tidak bisa melakukan transaksi apapun dengan menggunakan ATM dan mau tidak mau harus datang sendiri ke bank. Padahal langsung datang ke bank bisa menguras banyak waktu dan tenaga.

Salah satu keuntungan menggunakan ATM adalah kemudahan bagi Anda melakukan berbagai jenis transaksi. Akan sangat disayangkan jika kemudahan tersebut tidak bisa dinikmati karena PIN ATM Anda terlupa.

Akibat Fatal Lupa PIN ATM

Lupa PIN ATM bisa memberikan akibat yang sangat fatal. Ketika lupa dengan PIN ATM Anda sendiri dan terus berusaha mencoba mengingat sambil memasukannya ke mesin ATM, maka kartu ATM Anda bisa terblokir.

Kejadian semacam ini sudah bukan sesuatu yang langka lagi terjadi pada nasabah bank yang menggunakan kartu ATM. Mereka lupa PIN ATM namun ingin mencoba dan memaksakan kode yang mereka ingat. Anda bisa mencoba memasukkan PIN ATM sebanyak maksimal 3 kali. Jika lebih dari itu maka kartu ATM akan diblokir.

Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika lupa dengan PIN ATM, Anda harus segera datang ke kantor Bank Mandiri terdekat dan melakukan pengurusan kartu ATM yang baru dengan PIN baru pula. Untuk melakukan pengurusan ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Anda harus melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang menjadi persyaratan adalah KTP (yang digunakan untuk membuat rekening), buku tabungan, dan jangan lupa untuk menyerahkan kartu ATM yang sudah diblokir karena Anda lupa PIN.

Proses pengurusan ATM sangatlah mudah dan bisa dibilang cepat. Anda tinggal datang ke bank, mengantre seperti biasa di bagian customer service, kemudian Anda bisa mengutarakan maksud Anda melakukan pengurusan ATM.

Anda bisa langsung mendapat kartu ATM yang baru saat itu juga. Jika sudah menerima kartu ATM baru maka Anda harus melakukan aktivasi. Aktivasi dilakukan dengan memasukkan PIN baru Anda. Ingat, pilih kombinasi angka yang mudah diingat namun juga tidak pasaran.

Untuk melakukan pengurusan kartu ATM semacam ini Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 20.000. Setelah melakukan aktivasi maka Anda langsung bisa menikmati aktivitas transaksi dengan ATM seperti biasa.

Agar kejadian semacam ini tidak terulang lagi, Anda harus berhati-hati memilih kode angka yang akan digunakan sebagai PIN. Pilihlah angka yang mudah Anda ingat dan kalau perlu catat kode tersebut di tempat yang hanya bisa Anda lihat. Selalu berhati-hati agar Anda tidak lupa PIN ATM lagi di kemudian hari.