Widget HTML #1

Jika Anda Lupa PIN SMS Banking BNI


Mobile Banking, tidak terkecuali layanan SMS Banking, memiliki banyak manfaat yang memang sangat memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi. Kemudahan inilah yang kemudian membuat banyak nasabah memanfaatkan layanan ini. Di sisi lain wajar apabila Anda kebingungan saat lupa pin SMS banking BNI. Terlebih jika Anda termasuk orang yang sering bertransaksi dan terbiasa mengandalkan SMS banking.

Manfaat SMS Banking BNI

Manfaat yang menyertai SMS banking BNI antara lain:
  1. Anda dapat melakukan transfer ke sesama BNI atau bank lain melalui SMS Banking
  2. Melakukan pembyaran bermacam tagihan, seperti tagihan listrik/PLN, Air/PDAM, TV berlangganan, tiket kereta api, dan sebagainya, sudah dapat Anda lakukan melalui SMS banking. 
  3. Melakukan pembelian melalui situs-situs e-commerce, seperti lazada, bukalapak, blibli, tokopedia, shopee, dan sebagainya. 
  4. Melakukan cek saldo bahkan mutasi rekening. 
  5. Melakukan pengecekan terhadap bukti transfer. 

Dengan adanya mobile banking, Anda dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Tidak harus mendatangi mesin ATM terlebih dahulu. Untuk melakukan berbagai transaksi melalui SMS Banking, ada format tertentu yang harus Anda kirimkan pada pihak bank BNI.

Untuk mengecek saldo, misalnya, Anda tinggal mengetik SAL dan kirim ke 3346, lalu ikuti instruksi selanjutnya. Jika Anda ingin mengisi pulsa, maka Anda tinggal mengetik TOP <spasi> No. HP <spasi> NOMINAL dan kirim ke nomor 3346. Nominal pulsa minimal Rp25.000.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat melakukan transfer, baik ke sesama bank BNI atau bank lain melalui SMS Banking. Apabila Anda hendak transfer ke sesama BNI, maka ketik TRF <spasi> NO.REKENING <spasi> NOMINAL. Dan untuk ke bank lain, ketik TRF <spasi> ANTARBANK <spasi> KODE BANK+NO. REKENING <spasi> NOMINAL. Keduanya dikirim ke 3346.

Ketika Anda Lupa PIN SMS Banking BNI

Karena memang begitu memudahkan nasabah, layanan SMS Banking ini memang sangat digemari. Proses transfernya pun sangat cepat, bahkan lebih cepat dibandingkan dengan Internet Banking. Lalu apa yang harus Anda lakukan seandainya lupa dengan PIN SMS Banking Anda?

Untuk mengatasi hal tersebut, ada 2 hal yang dapat Anda lakukan, yakni langsung datang ke kantor BNI atau menelpon Call Center BNI.
  • Jika Anda memilih datang ke kantor bank BNI, pastikan Anda juga membawa KTP, Buku Tabungan, Kartu ATM, dan handphone Anda yang sudah terinstal layanan BNI Mobile Banking. Di depan Custumer Service, Anda tinggal sampaikan masalah Anda yang lupa dengan PIN SMS Banking
Sebelum memproses keluhan Anda tersebut, Anda biasanya akan diberi pertanyaan untuk verifikasi. Pertanyaan itu, seperti siapa nama ibu kandung, atau rempat tanggal lahir Anda. Jika memang semua pertanyaan sudah terjawab dengan benar, maka proses pembuatan PIN baru untuk SMS Banking Anda pun dapat dilanjutkan.
  • Alternatif lain jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk ke kantor bank adalah menghubungi Call Center BNI. Jika sudah terhubung, Anda jelaskan masalah yang Anda alami. Anda akan ditanyai beberapa hal terkait tabungan BNI. Untuk itu jangan lupa siapkan buku tabungan Anda. Apabila sudah terjawab, proses pembuatan PIN baru dapat dilanjutkan dan layanan SMS Banking dapat Anda gunakan kembali. 

Itulah dua cara yang dapat Anda lakukan ketika Anda lupa PIN SMS Banking BNI. Tidak perlu panik, segera lakukan cara di atas agar SMS banking bisa digunakan kembali.