Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan Fitur SMS Banking Bank BCA


Mengaktifkan fitur SMS banking bank BCA adalah salah satu hal yang harus Anda ketahui, khususnya bagi Anda yang selalu mengandalkan transaksi perbankan yang praktis dan cukup dilakukan lewat handphone. Dengan SMS banking, Anda tetap bisa bertransaksi sekali duduk tanpa harus repot-repot mencari ATM terdekat. Tetapi, sebelum bisa memanfaatkan fitur tersebut, tentunya nomor handphone Anda harus didaftarkan terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan SMS banking ada beberapa cara, yakni:
  1. Mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat, dan; 
  2. Melalui ATM BCA. 

Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai masing-masing cara berikut langkahnya:

Mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat

Bagi Anda yang ingin mengaktifkan SMS banking pada rekening bank BCA milik Anda, cara paling mudah adalah langsung melalui customer service. Anda tinggal datang langsung ke kantor cabang bank BCA terdekat, mengambil nomor antrean untuk mendapat layanan CS, dan mengantre untuk mendapat panggilan.

Anda tidak harus mendatangi kantor cabang tempat dimana Anda membuka rekening. Saat ini, kantor cabang BCA manapun hampir dipastikan mampu mengurus keperluan membuka fitur SMS banking ini. Namun, sebelum datang langsung kantor cabang bank BCA, Anda harus membawa persyaratan agar mengaktifkan SMS banking dapat langsung diproses.

Apa saja syaratnya?
  1. Buku tabungan BCA milik Anda; 
  2. Kartu ATM BCA; 
  3. Kartu identitas/ KTP, dan; 
  4. Nomor handphone Anda yang aktif untuk digunakan sebagai registrasi SMS banking. 

Cukup perlihatkan persyaratan dokumen di atas kepada customer service sebagai bukti bahwa Anda memang terbuktin memiliki rekening tersebut. Jika dirasa tidak ada yang salah dan sudah memenuhi syarat, CS akan langsung memprosesnya. Untungnya, proses tersebut tidak lebih dari 15 menit.

Melalui ATM BCA

Cara pertama tadi memang lebih mudah. Namun, mendatangi customer service BCA secara langsung hampir dipastikan akan membuat antrean yang panjang. Apalagi jika Anda datang pada hari dan tanggal tertentu yang pasti menjadi hari yang padat. Maka, barangkali itulah alasan mengapa beberapa orang memberi julukan BCA menjadi Bank Capek Antre.

Namun untungnya,masih ada alternatif cara yang lain untuk mendaftarkan nomor Anda agar SMS banking segera aktif, yaitu melalui ATM. Selain tidak harus antre panjang, kelebihan lainnya adalah, dengan registrasi melalui mesin ini bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam. Berbeda dengan kantor cabang bank BCA yang hari kerjanya dibatasi pukul 07.30–16.00 saja, apalagi pada tanggal merah dan hari besar yang juga tutup.

Nah, bagi Anda yang anti-ribet, pendaftaran lewat ATM ini bisa dilakukan melalui tahap-tahap berikut:
  1. Masukkan kartu ATM BCA Anda ke dalam mesin; 
  2. Masukkan PIN kartu ATM Anda; 
  3. Cari menu “DAFTAR E-BANKING/AUTODEBET“; 
  4. Pilih menu SMS BCA pada layar; 
  5. Nantinya akan muncul tulisan beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda patuhi. Di bawahnya, Anda diminta untuk memasukkan nomor handphone yang ingin digunakan untuk mendaftar SMS banking; 
  6. Ketikkan nomor handphone Anda; 
  7. Akan muncul tulisan pada layar untuk mengintruksikan Anda memasukkan kode akses sebanyak empat digit. Kode akses ini nantinya akan dibutuhkan sebagai PIN saat melakukan transaksi lewat SMS banking BCA; 
  8. Ketikkan empat digit kode akses (yang berdasar keinginan Anda); 
  9. Ketik ulang empat digit kode akses dengan benar, kemudian pilih “BENAR”; 
  10. Nantinya, layar ATM akan menampilkan tulisan bahwa Anda tidak dibolehkan memberitahu kode akses kepada orang lain demi keamanan. Di bawahnya nanti, ada bacaan lagi yang bersifat memastikan bahwa nomor handphone yang Anda masukkan tadi sudah sesuai;
  11. Kalau semua sudah benar, pilih “YA” pada layar; 
  12. Kemudian, mesin ATM akan mengeluarkan struk untuk bukti bahwa permintaan registrasi SMS banking BCA Anda telah berhasil dan siap untuk digunakan dalam bertransaksi. 

Nah, itu tadi adalah beberapa langkah mengaktifkan fitur SMS banking bank BCA. Bagaimana, cukup mudah kan?