Widget HTML #1

Ini Dia Cara Membeli Kartu E-toll dan Tempat Untuk Membelinya


Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat hidup menjadi lebih mudah. Perkembangan ini juga mempengaruhi sektor transportasi. Di samping perkembangan kendaraan transportasi, teknologi juga mempengaruhi perkembangan infrastruktur, termasuk jalan tol.

Cara Membeli Kartu E-Toll

Sekarang, jika Anda ingin menggunakan jalan tol, Anda harus membayar biaya masuk dan keluar tol menggunakan kartu E-Toll. Apa itu E-Toll? Bagaimana cara membeli kartu ini? dan dimana Anda bisa mendapatkan kartu ini? Berikut informasinya :

E-Toll adalah kartu yang dibuat oleh bank Mandiri yang bekerjasama dengan perusahaan operator tol. Kartu ini digunakan untuk membayar biaya tol Anda tanpa menggunakan uang kontan. Hal ini membuat kartu E-Toll diwajibkan oleh pemerintah untuk digunakan sebagai media pembayaran tol yang utama.

Tetapi, karena sistem ini masih relatif baru dan kurangnya sosialisasi, kebanyakan pengendara kurang paham dengan sistem E-Toll. Kebanyakan orang tidak mempunyai kartu E-Toll dan masih menggunakan uang kontan saat membayar tol. Untungnya, kebanyakan gerbang tol menjual kartu ini dengan harga lima puluh ribu rupiah dengan saldo yang tersimpan sebesar tiga puluh ribu rupiah.

Anda bisa membeli kartu E-Toll dimana?
Jika Anda ingin membeli kartu E-Toll atau E–Money, tempat–tempat berikut ini bisa membantu. Anda bisa membeli kartu ini di tempat–tempat berikut:

Cabang Bank Mandiri
Anda bisa datang ke cabang bank Mandiri terdekat dan membeli kartu E-Toll. Tetapi, ketersediaan kartu E-Toll masih tergolong langka. Jika cabang bank kehabisan cetakan kartu ini, Anda akan disuruh untuk datang ke bank pusat.

Minimarket Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-Eleven, dan Hypermart
Jika bank kehabisan cetakan kartu, dan bank pusat terlalu jauh jaraknya dari rumah, Anda bisa datang di minimarket terdekat yang mempunyai logo E-Toll. Batas minimal dan batas maksimal yang bisa Anda tetap sama, yaitu dari sepuluh ribu rupiah hingga satu juta rupiah. Biaya tambahan untuk mendaftar kartu perdana E-Money sebesar dua puluh ribu rupiah dan biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan bank.

ATM Mandiri
Anda bisa datang ke ATM Mandiri berlogo E-Money untuk mengisi saldo kartu E-Toll. Caranya tinggal masukkan kartu ATM, pilih menu pembayaran E-Money, lalu tempelkan kartu ke reader yang bisa membaca E-Money.

Setelah mempunyai kartu E-Toll, Anda akan mendapatkan keuntungan-keuntungan berikut:
  • Anda tidak perlu antre saat membayar biaya tol di gerbang masuk atau keluar.
  • Mempercepat proses pembayaran dan tidak perlu mengurus kembalian.
  • Anda bisa membeli alat pembaca kartu bernama E-Toll Pass yang bisa dipasang di mobil. Alat ini akan memudahkan proses transaksi tanpa harus membuka jendela lalu menempelkan kartu ke reader di gerbang. Anda bisa membeli alat pembaca ini di took-toko online dengan kisaran harga lima ratus ribu rupiah.

Itu dia informasi mengenai cara membeli E-Toll dan tempat-tempat untuk membelinya. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang sering berpergian melalui jalan tol.