Widget HTML #1

Cara Bayar Iuran BPJS Lewat ATM Mandiri


Iuran BPJS merupakan iuran wajib yang harus dibayar sebagai asuransi kesehatan. BPJS merupakan badan hukum politik yang bergerak di bidang jaminan kesehatan nasional untuk masyarakat Indonesia. Pemerintah sendiri menyediakan jaminan kesehatan nasional untuk mengantisipasi ketidakmampuan masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan. Sehingga, diharapkan tahun 2019 seluruh rakyat Indonesia sudah ter-cover BPJS dan telah memiliki jaminan kesehatan secara menyeluruh.

Seperti yang kita ketahui, bahwa semakin canggihnya teknologi, maka semakin banyak kemudahan yang ditawarkan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS, diantaranya bisa melalui Alfamart, Indomaret, internet banking, mandiri mobile, tokopedia, bahkan lewat aplikasi Blackberry Messanger (BBM).

Nah, terlepas dari kemudahan-kemudahan yang telah disediakan oleh pihak BPJS kepada pesertanya dalam membayar iuran rutin tersebut, kali ini iuran BPJS juga dapat dibayarkan melalui bank, baik BNI, BRI, atau Mandiri. Pembayaran iuran BPJS dapat dilakukan dengan mudah menggunakan kartu debit yang Anda miliki.

Menjadi kemudahan tersendiri bagi nasabah ketika bisa membayar iuran BPJS melalui ATM Mandiri. Sebab bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia dan banyak peserta BPJS yang juga merupakan nasabah dari bank tersebut.

Dengan banyaknya nasabah bank Mandiri yang juga sebagai peserta BPJS, maka pihak BPJS memberikan kemudahan kepada anggota dalam melakukan transaksi pembayaran, yakni cukup melalui ATM tanpa harus pergi ke bank terkait.

Kali ini akan dijelaskan beberapa cara bayar iuran BPJS lewat ATM Mandiri. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Masukkan kartu ATM beserta pin; 
  2. Pilihlah menu “BAYAR/ BELI”; 
  3. Pilihlah menu “LAINNYA”; 
  4. Pilihlah menu “BPJS”; 
  5. Pilih “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Ketenagakerjaan” sesuai dengan jenis kepesertaan Anda; 
  6. Selanjutnya, apabila Anda membayar iuran BPJS atas nama pribadi, maka pilih“INDIVIDU” atau “BADAN USAHA” jika Anda akan membayar untuk badan usaha; 
  7. Masukkan nomor 88998 pada layar, yang diikuti dengan 11 digit nomor dari belakang nomor Virtual Account (VA), yakni nomor yang ada pada KARTU BPJS. Kemudian tekan tombol BENAR; 
  8. Masukkan jumlah bulan yang akan Anda bayar, apabila Anda membayar untuk 3 bulan maka ketikkan angka 3, kemudian tekan BENAR; 
  9. Akan muncul pesan konfirmasi pada layar, tetapi JANGAN langsung pilih “YA”, tetapi ketikkan angka 1 terlebih dahulu; 
  10. SELESAI. Pembayaran iuran BPJS Anda sudah diproses. 

Bagaimana, mudah bukan? Itu tadi beberapa cara melakukan pembayaran iuran BPJS lewat ATM Mandiri.Sementara ini, pembayaran iuran BPJS melalui ATM hanya bisa dilakukan di ATM Mandiri, BRI, dan BNI saja. Dan ingat, iuran BPJS harus dibayarkan tepat waktu ya, agar Anda tidak mendapat denda keterlambatan sebesar 2,5% (yang sebelumnya hanya 2%). Batas waktu pembayaran iuran BPJS adalah tanggal 10 setiap bulannya.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!