Widget HTML #1

Cara Bayar Iuran BPJS lewat ATM Bank BRI


Masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS, tentunya harus mengetahui metode atau cara pembayaran iuran perbulannya sesuai dengan kelas yang diambil. Mengingat teknologi semakin berkembang dan banyak kemudahan-kemudahan yang ditawarkan, pelayanan BPJSpun ikut dikembangkan dengan kemudahan pembayaran transaksi melalui rekening di perbankan.

BPJS Kesehatan telah menggandeng tiga bank pemerintah untuk meningkatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan. Salah satu perbankan yang banyak diminati oleh masyarakat dan telah bekerjasama dengan BPJS adalah Bank BRI. Kini masyarakat bisa menikmati layanan pembayaran iuran BPJS lewat ATM Bank BRI.

Seperti yang diketahui, pembayaran iuran BPJS berakhir di tanggal 10 setiap bulannya. Ketika membayar lebih dari tanggal 10 maka status kepesertaan Anda akan dinonaktifkan sampai Anda melunasi tagihan tunggakannya. Untuk melunasi tunggakan iuran BPJS bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa secara tunai lewat minimarket seperti Alfamart dan Indomart, lewat Teller Bank atau menggunakan ATM dari Bank dalam hal ini adalah bank BRI.

Untuk melakukan pembayaran, Anda perlu menambahkan kode tambahan, yakni angka: 88888 yang selajutnya ditambah lagi dengan 11 digit angka nomor virtual akun dari belakang di kartu BPJS Kesehatan. Pembayaran iuran BPJS lewat ATM BRI ini dimaksudkan agar peserta lebih mudah dalam melakukan pembayaran iuran setiap bulannya. Dengan begitu terjadinya keterlambatan pembayaran iuran bisa diminimalisir.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membayar iuran lewat ATM Bank BRI menggunakan kartu diatas, nomor pembayarannya adalah : 8888801260979209. Lima angka paling depan sendiri “88888” merupakan kode tambahan dari Bank BRI, sementara “01260979209” merupakan nomor virtual dari BPJS Kesehatan. Anda harus menggabungkan semua nomor tersebut untuk dapat melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui ATM BRI. Kemudian, cara bayar iuran BPJS lewat ATM Bank BRI bisa dilihat di,bawah ini.
  1. Masukkan kartu ATM ke Mesin ATM 
  2. Pilih Bahasa kemudian ketik nomor PIN 
  3. Kemudian pilihlah “Transaksi Tunai” atau “Paket Tunai” 
  4. Lalu pilih “Transaksi Lainnya” 
  5. Pilih “Pembayaran” 
  6. Lalu Anda akan mendapati menu, pilih “Lainnya” sampai Anda menemui “BPJS” jika belum ada Anda pilih “Lainnya” lagi 
  7. Pilih “BPJS” kemudian “BPJS Kesehatan” 
  8. Masukkan nomor virtual account Anda (Kode dari Bank + 11 Angka dari belakang kartu BPJS Kesehatan Anda) 
  9. Muncul nama dan cek kesesuaian data 
  10. Masukkan jumlah nominal yang akan dibayar sesuai kelas Anda 
Demikian informasi tentang cara bayar iuran BPJS lewat ATM Bank BRI. Dengan informasi ini semoga memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran lewat ATM Bank BRI. Sehingga meminimalisir keterlambatan pembayaran yang berdampak pada penon-aktifan sementara kepesertaan Anda oleh BPJS Kesehatan.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.