Widget HTML #1

Bisa Tidak ya..., Membuka Tabungan Rekening Bank Tanpa NPWP?


Dibutuhkan beberapa syarat yang harus Anda penuhi ketika akan membuka tabungan di bank. Syarat-syarat ini tentu saja sesuai dengan peraturan yang berlaku di masing-masing bank. Setiap bank memiliki persyaratan pembukaan tabungan yang berbeda. Memang pada akhirnya akan memunculkan pertanyaan apakah membuka tabungan membutuhkan NPWP atau tidak.

Meskipun memiliki peraturan yang tidak sama, namun ada syarat-syarat umum yang biasanya memang berlaku untuk sebagian besar bank. Contohnya seperti formulir pembukaan rekening, setoran awal dengan jumlah tertentu, identitas KTP, dan pembayaran biaya administrasi untuk pembukaan rekening.

Tanpa adanya syarat-syarat yang telah ditentukan oleh pihak bank tersebut tentu Anda tidak bisa melakukan pembukaan rekening. Selain syarat-syarat tersebut, ada juga salah satu dokumen yang biasa dipertanyakan ketika membuat rekening di bank. Dokumen tersebut adalah NPWP, kependekan dari Nomor Pajak Wajib Pajak.

Bisa Dibutuhkan dan Bisa Tidak

Jika Anda bertanya, apakah membuka tabungan di bank butuh NPWP atau tidak? Maka jawabannya adalah bisa dibutuhkan dan bisa juga tidak.

Perlu diketahui bahwa NPWP bukan merupakan syarat mutlak dalam pembuatan rekening. Ada beberapa bank yang menggunakan NPWP sebagai syarat dalam pembukaan tabungan. Namun ada pula beberapa bank yang tidak mewajibkan calon nasabah untuk memiliki NPWP saat membuka tabungan.

Tidak seperti KTP, NPWP merupakan dokumen yang tidak dimiliki oleh semua orang. Dalam arti lain, belum tentu semua orang memiliki NPWP. Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki NPWP maka alangkah lebih baiknya jika Anda memilih bank yang tidak menggunakan syarat NPWP dalam proses pembuatan rekening tabungan.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, NPWP bisa diwajibkan namun calon nasabah yang belum memiliki NPWP tetap bisa membuka tabungan. Dalam hal ini calon nasabah akan diminta untuk mengisi formulir yang berisikan keterangan bahwa calon nasabah tersebut belum memiliki NPWP karena alasan tertentu.

Bergantung Pada Jenis Tabungan dan Regulasi Daerah

Penggunaan NPWP sebagai syarat dalam pembuatan rekening bank juga dipengaruhi oleh jenis tabungan yang akan dibuka. Perlu Anda ketahui bahwa setiap bank memiliki bermacam-macam jenis tabungan. Bisa jadi syarat pembukaan rekening satu dengan yang lain berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kualifikasi lengkap untuk wajib memiliki NPWP maka Anda disarankan segera mengurusnya. Dengan begitu ketika Anda akan melakukan pembukaan rekening tabungan di bank dan diminta NPWP maka Anda sudah siap dengan syarat tersebut.

Bukan hanya karena kebijakan dari pihak bank. Penggunaan NPWP sebagai syarat dalam pembuatan rekening juga bisa disebabkan karena adanya peraturan atau regulasi daerah. Jadi perlu diperhatikan wilayah tempat tinggal Anda atau bank yang akan Anda pilih. Lebih baik Anda mencari informasi terlebih dahulu terkait NPWP ini.

Bisa disimpulkan bahwa NPWP bukanlah syarat umum yang digunakan dalam pembuatan rekening bank. Beberapa bank bisa mewajibkannya dan beberapa bank lagi tidak. Oleh karena itu jika ingin membuka tabungan lebih baik melakukan riset terlebih dahulu tentang bank yang ingin Anda pilih. Pastikan apakah untuk membuka tabungan di bank butuh NPWP atau tidak.