Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

(Update) Biaya Transfer BNI Ke Bank Lain Seperti BCA, BRI, Mandiri dan Bank Lainnya


Mungkin transfer uang adalah salah satu kegiatan perbankan yang sangat sering Anda lakukan. Jasa yang ditawarkan oleh pihak bank untuk memindahkan sejumlah dana sesuai dengan perintah yang melakukan transaksi kepada seseorang yang ditunjuk sebagai penerima disebut dengan transfer. Tidak hanya dilakukan antar rekening pada bank yang sama saja, namun transfer uang juga bisa dilakukan antar rekening bank yang berbeda.

Kegiatan transfer antar bank yang Anda lakukan tentunya tidak gratis. Ada biaya yang dibebankan kepada nasabah berupa biaya administrasi yang besarannya berbeda-beda tergantung dari bank masing-masing. Anda bisa melakukan transfer antar bank melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Selain itu juga bisa dilakukan di ATM Bersama atau ATM Prima apabila bank tersebut terlibat dalam kerjasama dan masuk dalam jaringan. Disamping melalui ATM transfer antar bank juga bisa dilakukan melalui Internet Banking dan SMS Banking.

Berikut adalah biaya transfer antar bank yang harus dibayar.

Transfer Dalam Jumlah Kecil (Kurang Dari 100 Juta) Tidak Bisa Via RTGS

Telah ditetapkan pada tanggal 15 Desember 2014 oleh Bank Indonesia melalui SE No. 16/18/DPSP diberlakukan peraturan bahwa transfer uang antar bank dengan jumlah kecil atau yang besarannya kurang dari 100 juta tidak lagi diperblehkan menggunakan fasilitas Real Time Gross Settlement (RTGS).

Dengan adanya peraturan tersebut, apabila Anda melakukan transfer dibawah 100 juta tidak bisa langsung sampai pada rekening yang dituju. Ini sangat berbeda apabila melalui RTGS. Namun ditentukan oleh waktu transfernya.

Apabila Anda transfer uang yang jumlahnya kurang dari 100 juta harus menggunakan proses kliring. Hal ini apabila proses transfer dilakukan diatas waktu operasional bank maka uang akan sampai pada rekening yang dituju keesokan harinya.

Biaya Transfer

Berikut adalah uraian biaya transfer BNI ke bank lain seperti BCA, BRI, Mandiri dan lainnya.

1. Transfer antar bank yang sama-sama menjadi anggota ATM Bersama atau ATM Link nasabah akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp. 5.000.

2. Transfer melalui internet banking terdapat 2 jenis yakni melalui kliring dan melalui RTGS. Nasabah akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp. 5.000 apabila transfer melalui Kliring. Dan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 17.500 apabila transfer melalui RTGS.

3. Anda juga bisa melakukan transfer lewat teller. Transfer uang lewat teller ke bank lain melalui kliring akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000. Apabila melalui RTGS baiayanya sejumlah Rp. 30.000.

Kode Antar Bank

Dibutuhkan kode bank tujuan transfer untuk bisa melakukan transfer antar rekening yang berbeda bank melalui ATM, internet banking dan Mobile Banking atau SMS Banking. Apabila Anda nasabah bank BNI kemudian akan melakukan transfer uang ke rekening tujuan BCA, maka perlu mengetahui kode bank BCA tersebut. Anda bisa melihat kode bank pada ATM saat akan melakukan transfer.

Itulah biaya transfer yang harus ditanggung nasabah BNI apabila akan melakukan transfer uang ke rekening bank lain yang berbeda. Bisa melalui ATM, Internet Banking, ataupun teller. Selamat Bertransaksi!