2 Kekurangan dan 5 Kelebihan Tabungan Simpatik BSM

Pada setiap jenis tabungan yang ditawarkan pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Karena semua disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Dengan harapan mampu membantu dan mensejahterakan masyarakat. Seperti halnya jenis tabungan Simpatik pada BSM. Meski begitu kekurangan dan kelebihan tabungan Simpatik BSM tak terlalu menjadi hal yang dipermasalahkan oleh nasabah.

Bank Mandiri Syariah merupakan salah satu Bank Indonesia yang memiliki banyak nasabah. Seperti yang telah diketahui terdapat kantor cabang hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ini membuktikan bahwa Bank Mandiri Syariah mendapatkan kepercayaan yang luar biasa dari masyarakat.

Bank Sayriah Mandiri merupakan salah satu Bank Syariah dimana memberikan banyak kemudahan untuk para nasabahnya dalam menyimpan dana dengan prinsip syariah. Misalnya jenis tabungan BSM Simpatik yang dihadirkan untuk memberikan fasilitas tabungan masyarakat dengan syarat yang sangat mudah.

Akad yang digunakan dalam tabungan BSM Simpatik adalah menggunakan akad wadiah. Dalam ekonomi syariah wadiah adalah titipan nasabah yang wajib dijaga dan dikembalikan kapanpun saat nasabah yang bersangkutan menghendaki. Pihak Bank tetap bertanggung jawab atas pengembalian titipan tersebut.

Karena prinsip yang digunakan adalah wadiah maka nasabah tidak akan mendapat bagian dari bagi hasil setiap bulannya. Namun akan tetap mendapatkan bonus dari pihak Bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Bank tersebut.

Setoran awal pada jenis tabungan BSM Simpatik ini sebesar Rp. 20.000 saja. Kemudian untuk setoran selanjutnya minimal Rp. 10.000. Untuk keperluan administrasi dikenakan biaya Rp. 2000 per bulannya. Apabila nasabah menginginkan untuk menggunakan ATM BSM tabungan Simpatik per bulannya akan dikenakan potongan sebesar Rp.2000.

Umumnya pihak bank mewajibkan nasbah untuk menggunakan ATM. Namun tidak pada tabungan BSM Simpatik ini, nasabah bebas memilih boleh menggunakan atau tidak. Bagaimana masih ragu untuk menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri?. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan tabungan Simpatik BSM.

Kelebihan Tabungan BSM Simpatik

  1. Setoran awal sangat terjangkau
  2. Biaya administrasi yang dibebankan cukup murah yakni sebesar Rp.2000 per bulan per rekening atau sebesar bonus bulanan, tidak akan memotong pokok.
  3. Di seluruh outlet BSM online
  4. Terdapat fasilitas e-Banking yakni BSM Mobile Banking dan BSM Net Banking.
  5. Disediakan fasilitas yang menggunakan ATM dan tanpa ATM. Jika tanpa ATM akan menghindari penarikan ssering mungkin, sehingga dapat membantu menabung secara disiplin.

Manfaat Tabungan BSM Simpatik

Selain kelebihan-kelebihan yang ditawarkan. Menabung di BSM Simpatik juga memberikan segudang manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Dari dana tabungannya nasabah bisa berzakat dan berinfaq.
  2. Bonus bulanan yang diberikan kepada nasabah sesuai dengan kebijakan BSM.
  3. Apabila ada transaksi Luar Negeri Via Wired Transfer.

Kekurangan Tabungan BSM Simpatik

  1. Setiap cek saldo melalui BSM Mobile akan dikenakan biaya potongan Rp. 500. Ini menjadi kendala bagi sebagian orang yang sering mengecek saldo melalui smartphone nya. Karena setiap cek saldo melalui BSM Mobile saldo berkurang Rp.500.
  2. Belum tersedia ATM dalam jumlah banyak dan sulit ditemukan. Yang dimaksud disini adalah khusus untuk Mandiri Syariah bukan ATM Mandiri. Jika dibandingkan dengan Bank lokal lainnya, ATM Mandiri Syariah terbilang lebih sedikit.

Itulah informasi mengenai kekurangan dan kelebihan tabungan Simpatik BSM. Semoga dapat menjadikan pengetahuan baru bagi calon nasabah Bank Mandiri Syariah. Untuk lebih jelasnya mengani seluk beluk jenis tabungan Simpatik BSM silahkan datang langsung ke cabang Bank Mandiri Syariah terdekat. Semoga bermanfaat ya!

Advertisement

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!